#05 – Onsra by Caspian

Bisa jadi Caspian adalah band post-rock favorit saya sejak pertama kali mengenal post-rock tahun 2010 sampai sekarang. Hampir semua albumnya saya dengarkan secara penuh. Bahkan di setiap album ada lagu favorit yang saya dengarkan berulang kali. Caspian selalu berhasil menjadi lagu latar dalam mengiringi naik turunnya fase hidup saya selama rentang sepuluh tahun tersebut.

Album On Circles yang dirilis tahun 2020 ini memang tidak sesolid album-album sebelumnya. Jumlah track yang terbilang sedikit, instumentasi elektronik yang cukup mendominasi, dan mungkin pengaruh drummer baru di album ini membuat On Circles terkesan kurang ikonik menurut saya dibanding album-album sebelumnya. Namun, ada satu lagu yang benar-benar membuat saya merasakan feel yang sama layaknya mendengarkan Vienna dan Sycamore dari album Tertia atau Hickory ’54 dari album Waking Season.

Menurut urban dictionary, Onsra berarti: that heart-wrenching moment you know when a love won’t last. Benar-benar right in the feel banget kalau kita mendengarkan lagu ini dan memahami makna dari judul tersebut. Apalagi saat masuk ke menit 03:55 hingga akhir. Benar-benar bikin kita menahan napas, memejamkan mata, sambil membayangkan momen-momen yang membuat hati kita terasa hangat.

Seperti lagu-lagu Caspian pada umumnya, meskipun nada nostalgia mendominasi, kita tetap disadarkan pada kenyataan bahwa life is beautiful. Kita punya kendali dalam menikmati dan melihat kehidupan ini. Bagaimanapun juga melihat hidup dengan sudut pandang yang baik terasa jauh lebih melegakan.

 

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 All rights Reserved. Powered by Elementor.
Design by pondrafee.