Filosofi Kehidupan Game Quadrapop

Bagi pengguna Sony Ericsson pasti sudah paham dengan game Quadrapop. Seperti game klasik Tetris, game ini mengharuskan pemainnya untuk menyusun balok-balok yang berjatuhan agar tersusun rapi dan hancur. Hanya saja balok dalam game ini berbentuk hewan kartun dan hanya terdiri dari balok hewan saja. Berbeda dengan balok Tetris yang terdiri dari banyak kotak dengan susunan bentuk berbeda-beda. Selain itu, penyusunan balok dalam game ini pun berdasarkan pada kesamaan hewan/warna agar dapat hancur. Aturan permainannya memang lebih sederhana dari permainan Tetris, namun kesenangan yang didapat sebanding dengan Tetris.

Saya tidak ingin mengupas lebih jauh tentang permainan Quadrapop, namun saya ingin membagi filosofi yang saya dapatkan saat bermain permainan ini. Dalam permainan yang sederhana seperti Quadrapop, ternyata menyimpan pelajaran yang menurut saya memang sangat sesuai dengan pelajaran untuk menghadapi kehidupan ini. Berikut adalah pelajaran tersebut:

 

1.  Adanya Tujuan Menjadikan Permainan Lebih Seru dan Bermakna

Quadrapop ataupun Tetris adalah permainan tanpa akhir, alias tidak ada ending dalam game ini. Yang ada hanyalah skor yang menandakan berapa kali kita berhasil dalam menghancurkan balok. Namun saat kita menetapkan tujuan berapa banyak skor  yang  ingin  kita capai, permainan menjadi lebih seru dan menantang.

Sama halnya dalam kehidupan. Meskipun kehidupan memiliki akhir, namun dalam prosesnya hidup dapat menjadi membosankan dengan rutinitasnya. Kehidupan akan seru dan menyenangkan saat kita menetapkan tujuan. Baik itu tujuan dalam bidang pendidikan, keuangan, pengalaman, spiritual, atau pun hal-hal lainnya. Dengan tujuan, kita tau untuk apa kita menjalani hidup ini.

 

2.  Fokus dan Konsentrasi Adalah Kunci Utama

Tanpa adanya fokus dan konsentrasi bisa dipastikan  kita  akan  kalah sebelum skor yang kita tetapkan tercapai. Hal ini pulalah yang juga menjadi hambatan dalam kehidupan. Jika kita tidak fokus akan tujuan yang ingin dicapai, biasanya tujuan tersebut hanya akan menjadi tujuan, jauh dari keberhasilan. Oleh karena itulah fokus adalah kunci untuk menggapai tujuan-tujuan tersebut.

 

3.  Balok Berikutnya Tidak Dapat Diprediksi

Tidak jarang balok berikutnya tidak sesuai dengan yang dipredikisi. Kita tidak bisa memilih balok mana yang akan jatuh berikutnya. Yang dapat kita lakukan hanyalah memanfaatkan dan menyusun balok tersebut sedemikian rupa agar membentuk kombinasi yang efektif agar di kesempatan berikutnya dapat dihancurkan. Sama seperti kehidupan yang seringkali memberikan hal yang tidak kita ekspektasikan. Kita pun menyebutnya sebagai masalah. Yang bisa kita lakukan hanyalah menerima masalah tersebut dan  melakukan hal yang dibutuhkan untuk untuk menyelesaikan masalah tersebut.

 

4.  Tidak Panik dan Tetap Tenang

Ada saatnya kita menyusun balok dengan keliru, sehingga balok-balok pun bertumpuk tak karuan. Ketenangan sangat diperlukan di sini. Kita tidak perlu panik saat menemui hal seperti itu, karena jika kita panik maka balok yang menumpuk berikutnya pun akan semakin tidak karuan. Namun jika kita tetap tenang menghadapi situasi tersebut, pikiran akan lebih jernih dalam berpikir sehingga menemukan solusi untuk memperbaiki susunan balok tersebut.

Ketenangan juga diperlukan saat menghadapi permasalahan hidup. Ketenangan memberikan kita perspektif yang jernih untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Jika kita panik, permasalahan tidak akan selesai dan hanya bertambah menjadi semakin buruk dan menakutkan.

 

5.  Tidak Bisa Kembali Saat Salah Langkah

Salah melangkah dalam menyusun balok pasti terjadi dan itu wajar dalam permainan ini. Kita tidak bisa kembali sesaat sebelum melakukan kesalahan. Yang bisa kita lakukan hanyalah terus melangkah menggunakan balok-balok selanjutnya dan belajar dari kesalahan. Dengan itu, kita dapat menciptakan susunan baru untuk menghancurkan balok.

Kehidupan juga seperti itu. Ada kalanya kita melakukan suatu kesalahan. Dan kita pun tidak bisa kembali sesaat sebelum melakukan kesalahan tersebut. Yang bisa kita lakukan hanyalah melanjutkan hidup dan belajar dari apa yang telah kita perbuat. Sehingga di kesempatan berikutnya kita tidak melakukan kesalahan yang sama.

 

6.  Langkah yang Kita Ambil Adalah Tanggung Jawab Kita

Di mana kita akan meletakkan balok dalam permainan ini adalah tanggung jawab kita. Apakah kita meletakkan balok dan menyusunnya dengan benar atau salah semuanya adalah tanggung jawab kita. Kita tidak bisa menyalahkan balok yang kita dapat atau orang lain yang sama sekali tdak ada hubungannya dengan permainan yang kita mainkan ini.

Apa yang kita lakukan dalam hidup ini pun adalah tanggung jawab kita sendiri. Apakah kita melakukan sesuatu dengan benar atau melakukan kesalahan, semuanya menjadi tanggung jawab kita. Kita tidak bisa menyalahkan masalah yang kita dapatkan ataupun menyalahkan orang lain untuk kesalahan yang kita perbuat.

 

7.  Ambisi Yang Berlebihan Hanya Akan Merugikan Kita

Saat kita terlalu berambisi mengejar skor dan kita lupa menikmati permainan ini, kita pun malah akan gagal meraih skor tersebut. Ambisi yang berlebihan hanya membuat kita kehilangan fokus dan konsentrasi. Sehingga kesalahan demi kesalahan dalam menyusun balok menjadi sering terjadi.

Saya teringat lirik lagu Bright Eyes, an ambition that I found only lead into a failure. Memang jika kita terlalu berambisi mengejar tujuan, tak jarang kita kehilangan fokus. Sehingga kita pun gagal meraih tujuan tersebut. Atau jika kita berhasil meraih tujuan tersebut, kita kehilangan hal-hal lain yang lebih penting dalam hidup. Dan  itu  bisa menjadi sebuah kekecewaan.

 

8.   Kita Bisa Mencoba Lagi Saat Gagal Mencapai Skor Yang Diharapkan

Untungnya game ini memberikan kesempatan untuk mengulangi permainan saat kalah. Dan hal tersebut memungkinkan kita untuk menjadi ahli dalam permainan selanjutanya. Tentun saja kesempatan untuk mencapai skor tujuan pun semakin terbuka lebar.

Kehidupan pun hampir sama. Kita selalu diberi kesempatan untuk mecoba kembali saat gagal mencapai tujuan. Jika kita gigih mencoba, kita akan menjadi ahli dan akhirnya meraih tujuan yang telah ditetapkan di kesempatan berikutnya.

 

9.  Selalu Ada Harapan Saat Keadaan Menjadi Sangat Buruk

Kita mungkin akan mengalami situasi di mana susunan yang kita buat hanya menjadi susunan tak beraturan. Satu atau dua langkah lagi kita pun kalah. Namun jangan pernah berhenti berharap, karena harapan akan selalu datang. Bisa jadi balok selanjutnya akan menghancurkan susunan balok secara berantai.

Terkadang dalam kehidupan ini, kita pun bisa berada di situasi yang samaa, situasi yang sangat tidak menguntungkan. Situasi gawat yang tidak membawa kita ke mana-mana selain  kegagalan. Akan tetapi, jangan pernah berhenti berharap, karena segawat apa pun situasi yang kita hadapi, kita terkadang akan mendapatkan bantuan atau kekuatan baru untuk dapat menyelesaikannya masalah tersebut. Itulah yang sering kita sebut sebagai keajaiban, ilham, atau bantuan dari Yang Mahakuasa. Apa pun namanya, hal tersebut akhirnya menjauhkan kita dari kegagalan dan mendekatkan kita ke tujuan.

Itulah 9 filosofi kehidupan yang saya dapatkan dari game Quadrapop. Mungkin masih banyak nilai-nilai filosofis lain yang terkandung dalam game  ini.  Namun bagi saya, 9 poin di atas sudah mewakili nilai filosofis penting dalam hidup ini, terutama dalam menggapai impian dan tujuan.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More to Read

It’s a Boy!

Novia Chandra   “Maybe you’ll be president, but know right from wrong. Or in the flood you’ll build an Ark. And sail us to the

Read More »