Inspirasi untuk Memulai Tulisan

Saya pernah merasakan keadaan di mana saya benar-benar tidak tahu kalimat apa yang harus saya tulis. Bahkan saya tidak tahu akan menulis apa. Yang saya tahu adalah saya harus menulis dengan tema besar tertentu. Sangat menjengkelkan memang, apalagi harus mengejar deadline, sedangkan mencari satu kalimat pembuka saja susahnya minta ampun. Rasanya pengin ngamuk, tapi gak tau ngamuk ke siapa.

Biasanya, tips atau saran yang paling sering kita dapat adalah mencari inspirasi. Lalu inspirasi seperti apa? Ada yang bilang dengan ngopi atau ngeteh, kita bisa dapat inspirasi. Saya juga pernah merasakan manfaat minum kopi saat mencari inspirasi. Ada pula yang mengatakan membaca buku terlebih dahulu. Hal tersebut juga bisa menambah wawasan dan sudut pandang kita akan sesuatu. Ada pula yang menyarankan untuk mengistirahatkan otak kita sejenak. Bisa dengan tidur-tiduran, berjalan-jalan sebentar, atau bahkan mandi. Dengan pikiran rileks, otak kita lebih mudah menemukan jalan untuk mendapatkan ide. Sebenarnya kalau kita mau mencari, banyak sekali inspirasi di sekitar kita.

Oke, jika hal-hal tersebut sudah dilakukan tetapi kita belum mendapatkan ide sama sekali bagaimana? Saat saya bingung ingin menulis apa, biasanya saya mengakalinya dengan mencari quote. Quote tentang apa pun, yang penting dapat saya gunakan untuk mulai menulis. Syukurlah kita hidup di zaman internet, di mana mudah sekali mencari quote.

Saya memang suka dengan quote. Selain inspiratif, membaca quote dapat membuat kita sedikit berpikir filosofis dan mendalam. Nah, saat pikiran mulai mengembara mencari relasi antara quote tersebut dengan kehidupan kita, saya tuangkan apa saja yang muncul dalam pikiran. Biasanya kalimat demi kalimat pun akan mengalir dengan sendirinya. Saat tulisan saya mulai mengalir, ide-ide selanjutnya pun akan berdatangan. Saat itulah saya mulai menghubungkan ide yang saya dapat dengan tema tulisan yang ingin saya buat. Biasanya saya berhasil menulis hingga berparagraf-paragraf.

Kebingungan saat ingin memulai tulisan memang hal yang wajar dan manusiawi. Otak kita memiliki kapasitasnya di titik tertentu. Namun, jika kita ingin benar-benar menghasilkan sebuah tulisan, kita harus mulai menulis. Tanpa memulai sebuah tulisan, tulisan kita tidak akan pernah selesai, bahkan tidak akan pernah kita tulis sama sekali. Jika memulai dengan kalimat dari diri sendiri terasa sulit, kita dapat meminjam kalimat orang lain. Berikutnya kita dapat mengembangkan kalimat tersebut dengan pemikiran kita masing-masing. Selamat menulis!

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More to Read