Karena yang Hijau-Hijau Itu Menyenangkan Hati

Chrisna Chanis Cara

 

“In all things of nature there is something of the marvelous.” – Aristotle

Bumi adalah tempat kita berteduh, mencari berkah dan penghidupan. Oleh karena itulah sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai umat manusia untuk menjaga kelangsungannya. Di tengah industrialisasi yang kian masif seperti sekarang, tentu sangatlah penting melakukan kegiatan bagi lingkungan. Meski hanya menanam satu pohon, bisa jadi itu adalah harapan untuk masa depan yang lebih baik. Efeknya tidak hanya berhenti di generasi kita, namun jangka panjang hingga ke generasi-generasi selanjutnya.

Bagi saya pribadi, saya memulai kepedulian lingkungan dari halaman rumah sendiri. Saya memiliki komitmen untuk tidak akan membeton lahan hijau di rumah dan menyisakan sebagian luas rumah untuk penghijauan. Selain itu, kegiatan insidental terkait penghijauan juga pernah saya laksanakan, seperti penanaman pohon bersama komunitas Parklight Project dan Nalico, iuran penanaman pohon asam di Jalan Slamet Riyadi, dan berbagi bibit pohon ke tetangga dan rekan kerja. Kalau menulis soal isu lingkungan bisa dibilang sebagai kontribusi kegiatan go green, dulu saya rutin menulis saat masih jadi wartawan di desk Kota Solo.

Saya berkeyakinan bahwa setiap orang bisa berperan menyelamatkan lingkungan. Yang paling penting untuk dilakukan pertama kali adalah memiliki mindset go green sejak dalam pikiran. Go green tidak selalu harus menanam pohon. Menjaga kelestarian alam dengan tidak merusak atau mengotori lingkungan menjadi usaha yang paling minimal yang dapat dilakukan. Kalau sudah terbiasa menghormati alam, akan lebih mudah mengikuti kegiatan penghijauan dan sejenisnya.

 

 

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More to Read

Berawal dari Kekacauan

Kami termasuk pasangan yang gemar melihat bintang di malam hari. Bagi kami, bintang dengan keindahannya memiliki arti yang filosofis; lentera, infinity, harapan, dan beragam makna

Read More »