Pernikahan Itu Komitmen dan Komunikasi

Susi Anjarsari

 

The difference between what I’ve said and done. And you’re still standing by my side. A guilty soul and a worried mind. I will never make it, if I’m on my own.” (Drew Holcomb and the Neighbors – What Would I Do Without You)

Menurutku pernikahan itu komitmen. Komitmen seorang laki-laki dan perempuan untuk seiring sejalan dalam bahtera iman menuju rida Allah SWT. Oiya, pernikahan itu juga tentang ngobrol alias komunikasi. How you ngobrol baik-baik sama pasangan dan akhirnya bisa memahami satu sama lain atau bahkan how you ngobrol sama pasangan dan akhirnya kamu yang harus mengakui bahwa pasangan kamu memang benar. Dan memang harus ada salah satu yang mengalah. Aku sama Mas Nandi biasanya sih seperti itu.

Bahkan sewaktu terjadi konflik karena ketidaksesuaian keinginan pun, hal utama yang harus dilakukan oleh kedua pasangan lagi-lagi adalah ngobrol. Gimana coba bisa tau keinginan pasangan tanpa diobrolin dulu? Percayalah pada kekuatan ngobrol. Ngobrol di saat pikiran sudah tenang bisa menunjukkan, apa sih yang salah? Di mana sih letak salahnya? Apa sih yang harus diperbaiki? Dengan begitu kita bisa introspeksi diri.

Kayak misal suamiku itu gak suka aku pakai baju lusuh. Dia gak suka aku gak mandi sebelum tidur. Solusinya dia pun ngobrol, menyampaikan ketidaksukaannya tersebut. Akhirnya aku ya sadar diri juga. Aku jadi mikir ternyata kalau aku pakai baju lusuh itu gak menarik, atau kalo aku mandi sebelum tidur itu rasanya badan jadi segar. Bahkan ngobrol pun penting juga dalam urusan (sorry to say) S.E.X. Yang pasti semua bisa diobrolkan kok sama pasangan.

Oiya, tau gak hal pertama yang membuatku tertarik sama suami? Hidungnya. Soalnya menurutku, hidungnya suamiku itu unik. Aku langsung jatuh cinta pada pandangan pertama.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 All rights Reserved. Powered by Elementor.
Design by pondrafee.