Satu Tahun Pernikahan

Tepat tanggal 5 Mei satu tahun yang lalu, saya mengucapkan ijab kabul untuk menikahi wanita cantik ini. Nggak nyangka ternyata prosesnya jauh bikin deg-degan dibanding sidang skripsi atau wawancara kerja. Bayangin misal salah ucap sekian kali. Masak resepsinya diundur? Mau dikemanain katering makanan dan tamu-tamu undangan?

Alhamdulillah fase tersebut terlewati dengan baik dan saya sudah satu tahun resmi menjadi suami @feeitra. Waktu berjalan cepat setelah kehidupan pribadi kami menjadi kehidupan bersama.

Konon katanya setahun pertama pernikahan adalah ujian yang menentukan bagaimana pernikahan tersebut berlanjut ke depan. Mungkin karena dalam tahun pertama dua orang yang sebelumnya nggak saling ‘kenal’ harus beradaptasi memahami satu sama lain. Menerima sifatnya, kehidupannya, lingkungannya, hingga menerima zona nyamannya dan keluar dari zona nyaman bersama. It’s a tough process. Tapi proses inilah yang menjadikan pasangan jadi lebih dewasa dan bijaksana. Jika proses itu terlewati dengan baik, insya Allah perjalanan ke depan akan dapat dijalani bersama.

Mungkin waktu setahun masih terlalu awal untuk mengatakan bahwa sebuah pernikahan sukses. Sebab tahun-tahun selanjutnya akan selalu muncul ketidakpastian yang butuh lebih banyak kebijaksanaan dalam menyelesaikannya. Ketika berhasil melewatinya dan tumbuh bersama secara spiritual menjadi manusia yang lebih baik, terlihatlah kualitas pernikahan yang sebenarnya.

Bukankah itu salah satu pentingnya akad nikah? Bagaimana kita berjanji kepada Sang Pemersatu hati, kepada pasangan, dan kepada diri sendiri untuk menghadapi ketidakpastian itu bersama.

Happy anniversary, my soul mate. Let’s continue celebrating our anniversary for the rest of our lives. I love you 3000 @feeitra.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More to Read

Temukan Ketakutanmu

Rasa takut, kecemasan, kehilangan harapan adalah hal yang tak ingin dirasakan oleh siapa saja. Jika memang demikian, lalu mengapa hal-hal semacam itu selalu saja berdatangan

Read More »

Menumbuhkan Cinta Membaca

Satu hal di Indonesia yang gak kalah sulit selain membungkam nyinyiran netizen adalah menumbuhkan rasa cinta membaca. Bahkan konon lebih sulit daripada menumbuhkan cinta dengan

Read More »