Seize the Moment

Menikmati momen tanpa distraksi kamera sering bikin generasi milenial khawatir. Khawatir kalau momen itu hilang tak berbekas. Khawatir kalau gak ada lagi akses untuk menikmatinya kembali. Khawatir kalau follower gak tau update-an kita. Konon katanya #followerHarusTau adalah prestasi dan FOMO (Fear of Missing Out) adalah aib. Makanya ambil foto sudah jadi kewajiban warganet dari segala penjuru platform.

Memang gak ada salahnya mengabadikan momen lewat lensa kamera. Tapi kalau abai dengan keindahan yang sebenarnya di depan mata, itu baru disayangkan. Bukannya menikmati momen, malah jadi kehilangan momen. Hadir utuh sepenuhnya menikmati momen memang sulit, apalagi kalau godaan ngeksis di medsos senantiasa menghantui. Susah sekali!

Tetapi susah bukan berarti mustahil. Selalu ada jalan mencapainya asal bersedia. Kami merasakan pengalaman tersebut saat berada di Bromo. Gak banyak foto yang diambil di sini, meskipun ada keindahan tak terbatas yang dapat diabadikan dalam frame foto.

Ada sensasi tersendiri saat hadir seutuhnya tanpa distraksi kamera. Ada ketenangan batin saat berhasil melewati kekhawatiran “kehilangan-sebuah-momen-sehingga-harus-ambil-foto”. Ada perasaan terpenuhi dalam hadir seutuhnya menikmati momen yang ada di hadapan. Perasaan itu memang gak akan muncul di newsfeed kesayangan, pun gak terlihat dalam wujud foto beberapa tahun setelahnya. Tapi perasaan tersebut nyata dan berkesan sangat mendalam dalam memori kami. Kesan itulah yang mungkin disebut nostalgia.

Foto memang dapat kami lihat lagi kelak. Namun perasaan yang didapat dari hadir utuh tak dapat tergantikan oleh apa pun. Hellen Keller pernah berujar bahwa the best and most beautiful things in the world cannot be seen or even touched. They must be felt with the heart. Hadir seutuhnya adalah cara menemukan dan mengabadikan momen tersebut. Momen yang akan terangkai menjadi jalinan indah sebuah kisah.

 

If I like a moment, I mean, me, personally. I don’t like to have the distraction of the camera. I just want to stay in it. Right there. Right here.” -Sean O’Connell, The Secret Life of Walter Mitty

 

 

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 All rights Reserved. Powered by Elementor.
Design by pondrafee.