Tangga Proses (10$ Pertama di Shutterstock)

Gambar tangga di atas merupakan gambar yang istimewa bagi saya. Tidak hanya karena foto tersebut diambil di Jepang dan merupakan inspirasi latar dari adegan ikonik anime Kimi no Na wa, tapi juga karena foto tersebut mengantarkan saya menuju ke 10$ pertama di market place microstock, Shutterstok. Meski nominalnya masih kecil 10$, tapi nominal tersebut menjadi milestones yang perlu disyukuri.

Akhir-akhir ini memang lagi demam yang namanya Shutterstock. Saya tidak tahu apakah ini terjadi hampir serentak di Indonesia atau hanya di lingkaran pertemanan saya saja. Yang pasti, yang ditawarkan Shutterstock memang mampu menarik para desain grafis, videografer, dan fotografer yang ingin meraup dollar dari mengerjakan sesuatu yang mereka suka.

Shutterstock adalah market place terbesar jasa penjualan karya visual, bisa berupa gambar, desain grafis (vector), foto, dan video. Kita bisa menjadi kontributor dan menjual karya kita di sana. Apabila ada orang yang men-download karya kita, kita akan mendapatkan royalti dari penjualan tersebut. Apalagi proses pendaftarannya mudah. Tidak ada syarat khusus dan berbelit. Bisa jadi kemudahan akses inilah yang membuat Shutterstock semakin diminati.

Nominal 10$ memang masih terbilang kecil, apalagi jika melihat pemain lain yang sudah lebih dulu berkecimpuang di dunia microstock. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang mampu menghasilkan earning hingga ratusan dollar tiap bulannya. Fantastis!

Namun, ada proses panjang untuk sampai ke posisi tersebut. Butuh keteguhan hati dan komitmen untuk senantiasa berkarya dan berkarya, meskipun penat, jadi omongan tetangga, atau bahkan dihapakan pada ketidakpastian penjualan. Pada akhirnya istilah “proses tidak akan mengkhianati hasil” selalu menjadi kutipan yang tepat untuk mendeskripsikan situasi tersebut.

Layaknya sebuah tangga, kita perlu melewati satu per satu anak tangga untuk dapat sampai ke ujung tangga. Kita tidak bisa melompat dari bawah langsung ke atas hanya dengan satu lompatan. Kita butuh proses setahap demi setahap. Apabila saat ini kita berada di anak tangga kesepuluh, maka kita akan sampai ke anak tangga kedua puluh, lima puluh, hingga anak tangga terakhir saat kita konsisten dan terus berproses naik.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More to Read

Langgar Laweyan

Para ilmuwan neuroscience mempelajari bahwa perkataan membentuk sistem otak kita untuk meyakini apa yang kita ucapkan. Kemudian apa yang kita yakini akan mengarahkan tindakan kita

Read More »